SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Mata Kuliah/ Semester : Pendidikan Agama Islam/ II
Kode Mata Kuliah/SKS : 51301/ 2
Pertemuan : Ke – 7
Alokasi Waktu : 75 menit
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta kebudayaan dalam agama (Islam).
Standar Kompetensi : Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa sebagai upaya peningkatan iman, takwa dan akhlak mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.
- Kompetensi Dasar : Menjelaskan etika, moral dan akhlak dan konsep
akhlak Islami serta aktualisasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
- Indikator :
1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep etika, moral dan akhlak
2. Mahasiswa dapat membedakan etika, moral dan akhlak
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi karakteristik etika Islam
4. Mahasiswa dapat mengklasifikasi akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah. (Psikomotor)
5. Mahasiswa dapat menampilkan perubahan sikap dan perilaku yang islami.(afektif)
C. Tujuan pembelajaran (audien,behavior,condition,degree)
1. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan konsep etika, moral dan akhlak (kognitif)
2. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat membedakan antara etika, moral dan akhlak.
3. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat mengidentifikasi karakteristik etika islami.
4. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat mengklasifikasi akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah.( Psikomotor)
5. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menampilkan perubahan sikap dan perilaku yang islami.(afektif)
D. Substansi kajian (materi pembelajaran)
Judul Materi : Akhlak (Etika Islami)
Poin-poin materi :
- Pengertian dan ruang lingkup akhlak serta perbedaannya dengan moral dan etika.
- Karakteristik etika Islam (akhlak)
- Indikator manusia yang berakhlak
- Akhlak dan aktualisasinya dalam kehidupan
E. Langkah pembelajaran
1. Pendekatan/Model/Metode : Tanya jawab, studi kasus, dan problem
Solving.
2. Sumber belajar/media: buku referensi Internet (webblog) dan LCD
Referensi :
- Al Qur’an dan Terjemahnya
- Al Ghazali, Abu Hamid, Ihya’ Ulumuddin, Beirut; Dar al Fikr, t. th.
- Departemen Agama RI. 2001. Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; PT Bulan Bintang.
- Ishak, Sholeh. 1990. Akhlak dan Tasawwuf. Bandung; IAIN Sunan Gunung Jati.
- Jatmika, Rahmat. 1990. Sistem Etika Islam, Jakarta; Panjimas
- Nurdin Muslim, 1995. Moral dan Kognisi Islam, Bandung; Alfa beta.
- Wahyuddin,. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT Gramedia.
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah- langkah KBM | Waktu | Mahasiswa |
1.kegiatan pendahuluanApersepsi terkait dengan materi
2. kegiatan inti Dosen menyampaikan materi tentang berakhlak dalam kehidupan modern berikut contoh. 3.kegiatan penutup a. mengkaji ulang materi yang telah disampaikan dosen b.memberi pesan moral kepada mahasiswa untuk berakhlak mulia c. memberi tugas mahasiswa untuk mengklasifikasi akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah serta memberikan solusinya. |
10 menit50 menit
15 menit |
Berpikir dan menyampaikan pendapatMendengarkan,bertanya,saling menanggapi pendapat temannya dan menunjukkan sikap dan perilaku (akhlak) Islami
|
Penilaian :
- Penilaian tertulis (kognitif) :
Jelaskan konsep etika, moral dan akhlak beserta contohnya!
b. Unjuk kinerja (psikomotorik):
Mengklasifikasi akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah.
c. Penilaian sikap dan perilaku (afektif):
Berakhlak yang islami, dan bertanggung jawab.
Referensi :
- Al Qur’an dan Terjemahnya
- Al Ghazali, Abu Hamid, Ihya’ Ulumuddin, Beirut; Dar al Fikr, t. th.
- Departemen Agama RI. 2001. Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; PT Bulan Bintang.
- Ishak, Sholeh. 1990. Akhlak dan Tasawwuf. Bandung; IAIN Sunan Gunung Jati.
- Jatmika, Rahmat. 1990. Sistem Etika Islam, Jakarta; Panjimas
- Nurdin Muslim, 1995. Moral dan Kognisi Islam, Bandung; Alfa beta.
- Wahyuddin,. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT Gramedia.
Jombang, Maret 2012
Ketua Jurusan/Prodi Dosen Pengampu
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Mata Kuliah/Semester : Pendidikan Agama Islam/II
Kode Mata Kuliah/SKS : 51301/ 2
Pertemuan : Ke – 8
Alokasi Waktu : 75 Menit
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta kebudayaan dalam agama (Islam).
Standar Kompetensi : Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa sebagai upaya peningkatan iman, takwa dan akhlak mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.
- 1. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi strategi membangun kerukunan
umat beragama.
- 2. Indikator :
- Mahasiswa dapat menjelaskan Agama Islam adalah Agama Rahmatan lil’Alamin.
- Mahasiswa dapat membedakan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah.
- Mahasiswa dapat memutuskan bahwa ukhuwah sangat penting dalam rangka mewujudkan kerukunan.
- Mahasiswa dapat merangkum landasan hukum (Alqur’an dan Undang-Undang Dasar) dalam membina kerukunan antar dan intern umat beragama di Indonesia.
- Mahasiswa dapat mencontohkan sikap dalam rangka menjaga kerukunan intern dan antar umat beragama.
- 3. Tujuan Pembelajaran :
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan agama Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin.
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat membedakan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah Insaniyah.
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat memutuskan bahwa ukhuwah sangat penting untuk mewujudkan kerukunan.
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat merangkum landasan hukum (Al-qur’an dan UUD) dalam membina kerukunan intern dan antar umat beragama.
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat mencontohkan sikap dalam rangka menjaga kerukunan intern dan antar umat beragama.
- 4. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran)
JUDUL MATERI : Kerukunan Intern dan Antar Umat Beragama
Poin-poin materi
- Islam Agama Rahmat bagi Seluruh Alam
- Konsep Persaudaraan (Ukhuwah) dalam agama Islam
- Kerukunan dan kebersamaan dalam pluralitas agama.
- 5. Langkah Pembelajaran
- Model pembelajaran : Pembelajaran Berdasarkan Masalah
- Metode pembelajaran : Tanya jawab,diskusi dan analisis kasus
- Sumber belajar dan media: Buku referensi, Internet dan LCD
Referensi :
- Daud Ali, Mohammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarata, Rajawalu pers.
- Departemen Agama RI, 2001. Buku teks Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi umum, Jakarta, Direktorat Jendral kelembagaan agama Islam.
- ———-, 1980. Pedoman Dasar Kerukunan Hidup Beragama Jakarta.
- Hafifudin, 2003. D. Islam Aplikatif, Jakarta, Gema Insani Perss.
- Imarah, Muhammad, 1999. Islam dan Pluralitas, Jakarta, Gema Insani.
- Wahyuddin, Ahmad, dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
- 6. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah KBM |
Waktu |
Mahasiswa |
1. Kegiatan pendahuluan. apersepsi, orientasi terhadap materi (fase 1) | 5 menit | Termotivasi untuk menelaah materi |
2. Kegiatan Inti
|
10 menit
40 menit 10 menit |
|
3. kegiatan penutupMembantu mahasiswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan (fase 5)
|
10 menit |
|
7. Penilaian :
- Penilaian tertulis (kognitif)
1) Uraikan dengan singkat konsep ukhuwah dalam agama Islam !
2) Sebagai muslim apa yang dilakukan dalam rangka mengembangkan kerukunan intern umat beragama, jelaskan !
3) Bagaimana strategi membina kerukunan beragama !
4) Bagaimana pendapat saudara tentang kasus kekerasan atas nama agama !
- Unjuk kerja/kinerja/performance (psikomotorik) : menjelaskan dan mendemonstrasikan landasan hukum dalam membina kerukunan umat beragama di indonesia.
- Penilaian sikap (afektif/perilaku berkarakter). Jujur, sopan dan tanggung jawab
Referensi
- Daud Ali, Mohammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarata, Rajawalu pers.
- Departemen Agama RI, 2001. Buku teks Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi umum, Jakarta, Direktorat Jendral kelembagaan agama Islam.
- ———-, 1980. Pedoman Dasar Kerukunan Hidup Beragama Jakarta.
- Hafifudin, 2003. D. Islam Aplikatif, Jakarta, Gema Insani Perss.
- Imarah, Muhammad, 1999. Islam dan Pluralitas, Jakarta, Gema Insani.
- Wahyuddin. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
Jombang, Maret 2012
Ketua Jurusan / Prodi Dosen Pengampu
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Mata Kuliah/ Semester : Pendidikan Agama Islam / II
Kode Mata Kuliah/SKS : 51301/2
Pertemuan : ke – 9
Alokasi Waktu : 75 menit
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta kebudayaan dalam agama (Islam).
Standar Kompetensi : Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa sebagai upaya peningkatan iman,takwa dan akhlak mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.
1. Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep Islam dalam pengembangan Iptek dan seni.
2. Indikator :
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep Ipteks dalam Islam (Kognitif)
b. Mahasiswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek iman, ilmu dan amal.
c. Mahasiswa dapat mendeskripsikan khazanah kemajuan Iptek dalam sejarah
peradaban Islam (Kognitif)
d. Mahasiswa dapat menafsirkan dalil-dalil keutamaan orang yang berilmu.
e. Mahasiswa dapat bersikap dan perilaku Islami dalam menghadapi
kemajuan Iptek (Afektif/perilaku berkarakter)
3. Tujuan Pembelajaran (Audien, Behavior , Condition, Degree)
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan konsep ipteks dalam Islam.
- Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi aspek iman, ilmu
dan amal.
- Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat mendeskripsikan khazanah
kemajuan Iptek dalam sejarah peradaban Islam.
- Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat menafsirkan dalil-dalil keutamaan orang yang berilmu.
- Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat bersikap dan perilaku
Islami dalam menghadapi kemajuan Iptek.
4. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran)
JUDUL MATERI : Ilmu pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam Islam.
Poin-poin Materi :
a. Konsep Iptek dalam Islam.
b. Integrasi iman, ilmu dan amal.
c. Keutamaan orang yang berilmu
d. Tanggung jawab Ilmuwan terhadap lingkungannya.
5. Langkah Pembelajaran
a. Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya jawab, studi kasus, problem solving
b. Sumber Belajar/Media : Buku Referensi, internet (webblog) dan LCD
Buku Referensi :
- Al Faruqi, Ismail R, 2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah peradaban, Bandung; Cet. III Gemilang Mizan.
- Daim, Abdullah. 1984. Tarbiyah ‘Abdru Tarikh, Min Ushuri Qadimah hatta Qarnu Isyrin. Beirut; Darul ‘Ilmi lil Mu’allim. Cet. Ke 5.
- Daud, Ali Muhammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarta; PT Rajawali Grafindo Persada.
- Departemen Agama RI, 2001. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam, Jakarta.
- Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta; Bulan Bintang.
- Shihab, M, Quraish. 1996. Mermbumikan Al-Qur’an. Bandung; Cetakan ke 12. Mizan.
- Wahyuddin. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
6. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah KBM |
Waktu |
Siswa
|
1. Kegiatan PendahuluanApersepsi terkait dengan materi
|
10 Menit | Berpikir dan menyampaikan pendapat |
2. Kegiatan Intia. Mengajak mahasiswa untuk membaca dan menyimak dalil yang berkaitan dengan materi
b. Mendiskusikan materi tentang Islam dan pengembangan Iptek, sejarah kemajuan Iptek, dan arah pengembangan Iptek dalam Islam. (Kognitif) 3. Kegiatan Penutup Bersama-sama mahasiswa menyimpulakan hasil diskusi dan tanya jawab
|
10 menit45 menit
10 menit |
Secara kolektif dan individu membaca dan menyimakBertanya, saling menanggapi pendapat temannya dan menunjukkan sikap dan perilaku berkarakter.
b. Menugaskan kepada mahasiswa untuk membaca webblog pembelajaran PAI dan mengerjakan tugas yang ada dalam LKM |
7. Penilaian :
a. Penilaian Tertulis (Kognitif) :
1. Sebutkan dan Jelaskan sumber Iptek dalam Islam!
2. Sebutkan contoh perkembangan Iptek pada masa kejayaan peradaban Islam!
3. Jelaskan pola integrasi iptek dengan keimanan dan ketaqwaan?
4. Sebutkan perbedaan arah pengembangan Iptek di dunia Islam dan di
Barat?
b. Unjuk Kerja/Kinerja/Performance (Psikomotorik) :
Mengidentifikasi dalil/ayat al-Quran yang berkaitan dengan pengembangan Iptek.
c. Penilaian Sikap (Afektif/Perilaku berkarakter)
Menunjukkan perilaku sesuai Islam dalam penggunaan hasil kemajuan
Iptek.
Referensi :
- Al Qur’an dan Terjemahnya
- Al Faruqi, Ismail R, 2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah peradaban, Bandung; Cet. III Gemilang Mizan.
- Daim, Abdullah. 1984. Tarbiyah ‘Abdru Tarikh, Min Ushuri Qadimah hatta Qarnu Isyrin. Beirut; Darul ‘Ilmi lil Mu’allim. Cet. Ke 5.
- Daud, Ali Muhammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarta; PT Rajawali Grafindo Persada.
- Departemen Agama RI, 2001. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam, Jakarta.
- Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta; Bulan Bintang.
- Shihab, M, Quraish. 1996. Mermbumikan Al-Qur’an. Bandung; Cetakan ke 12. Mizan.
- Wahyuddin, dkk. 2009. Pendidikan Agama Untuk Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Jombang, Maret 2012
Ketua Jurusan/Prodi Dosen Pengampu
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Mata Kuliah/Semester : Pendidikan Agama Islam/ II
Kode Mata Kuliah/SKS : 51301/2
Pertemuan/Semester : ke-10
Alokasi Waktu : 75 menit
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta kebudayaan dalam agama (Islam).
Standar Kompetensi : Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa sebagai upaya peningkatan iman,takwa dan akhlak mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.
- A. Kompetensi Dasar : Menjelaskan Konsep kebudayaan dalam Islam.
- B. Indikator :
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep kebudayaan Islam.
- Mahasiswa dapat menceritakan Sejarah Intelektual Islam.
- Mahasiswa dapat menunjukkan perilaku berbudaya yang islami.(afektif)
- Mahasiswa dapat memilih dan memilah budaya yang islami dan budaya yang tidak islami. (psikomotorik)
- C. Tujuan pembelajaran
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan konsep budaya islam.
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menceritakan sejarah intelektual Islam.
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menunjukkan perilaku berbudaya yang islami.
- Setelah pembelajaran mahasiswa dapat memilih dan memilah budaya yang islami dan yang tidak islami.
D. Materi pembelajaran
Judul Materi : Kebudayaan dalam Islam
Poin-poin materi :
- Konsep kebudayaan dalam Islam
- Sejarah intelektual Islam
- Masjid sebagai pusat kebudayaan Islam
- Nilai-nilai Islam dalam budaya Indonesia
E. Langkah pembelajaran
1. Pendekatan/Model/Metode : Tanya jawab, studi kasus, dan problem
solving
2. Sumber belajar/media: buku referensi, Internet (weblog) dan LCD
Buku Referensi :
- Al Faruqy, ismail R, 2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang, Bandung; Mizan
- Asyari, Musa, 1992. Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an. Yogyakarta; LESFI
- Ghazalba, Sidi, 1998. Pengantar Kebudayaan Sebagai Ilmu, Jakarta; Pustaka Antara
- Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta; Bulan Bintang
- Wahyuddin. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah- langkah KBM | Waktu | Mahasiswa |
1. kegiatan pendahuluanApersepsi terkait dengan materi
2. kegiatan inti Dosen menyampaikan materi tentang islam dan kebudayaan, karakteristik budaya islami berikut contoh. 3.kegiatan penutup a. mengkaji ulang materi yang telah disampaikan dosen b.memberi pesan moral kepada mahasiswa untuk menjadi pemeluk agama yang benar c. memberi tugas mahasiswa untuk mengindentifikasi budaya non islami dan memberikan solusi islamisasinya |
10 menit55 menit
10 menit |
Berpikir dan menyampaikan pendapatMendengarkan,bertanya,saling menanggapi pendapat temannya dan menunjukkan sikap dan perilaku budaya yang islami
|
G. Penilaian :
- Penilaian tertulis (kognitif) :
jelaskan konsep budaya islami beserta contohnya!
2. Unjuk kinerja (psikomotorik):
mengidentifikasi budaya non islami dan islami !
3. Penilaian sikap dan perilaku (afektif):
Cara bepakaian yang islami, sikap santun dan bertanggung jawab.
Referensi :
- Al Faruqy, ismail R, 2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang, Bandung; Mizan
- Asyari, Musa, 1992. Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an. Yogyakarta; LESFI
- Ghazalba, Sidi, 1998. Pengantar Kebudayaan Sebagai Ilmu, Jakarta; Pustaka Antara
- Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta; Bulan Bintang
- Wahyuddin. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Jombang, Maret 2012
Ketua Jurusan / Prodi Dosen Pengampu,
Leave a Reply