SAP

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Program Studi                   :   Pendidikan Bahasa Inggris

Mata Kuliah/ Semester     :   Pendidikan Agama Islam/ II

Kode Mata Kuliah/SKS     :   51301/ 2

Pertemuan                          :   Ke – 7

Alokasi Waktu                   :   75 menit

Deskripsi Mata Kuliah       :    Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta  kebudayaan  dalam agama (Islam).

Standar Kompetensi      :  Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa  sebagai upaya peningkatan iman, takwa dan akhlak  mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.

  1. Kompetensi Dasar        :    Menjelaskan  etika, moral  dan akhlak dan konsep

                                            akhlak Islami  serta aktualisasinya dalam kehidupan

sehari-hari.

  1. Indikator :

1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep etika, moral dan akhlak

2. Mahasiswa dapat membedakan etika, moral dan akhlak

3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi karakteristik etika Islam

4. Mahasiswa dapat mengklasifikasi  akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah. (Psikomotor)

5. Mahasiswa dapat menampilkan perubahan sikap dan perilaku yang islami.(afektif)

C. Tujuan pembelajaran  (audien,behavior,condition,degree)

1. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan konsep etika, moral dan akhlak (kognitif)

2. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat membedakan antara etika, moral dan akhlak.

3. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat mengidentifikasi karakteristik etika islami.

4. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat mengklasifikasi akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah.( Psikomotor)

5. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menampilkan perubahan sikap dan perilaku yang islami.(afektif)

D. Substansi kajian (materi pembelajaran)

Judul Materi :  Akhlak (Etika Islami)

Poin-poin materi :

  1. Pengertian dan ruang lingkup akhlak serta perbedaannya dengan moral dan etika.
  2. Karakteristik etika Islam (akhlak)
  3. Indikator manusia yang  berakhlak
  4. Akhlak dan aktualisasinya dalam kehidupan

E. Langkah pembelajaran

1. Pendekatan/Model/Metode : Tanya jawab, studi kasus, dan problem

Solving.

2. Sumber belajar/media: buku referensi Internet (webblog) dan LCD

Referensi  :                                 

  • Al Qur’an dan Terjemahnya
    • Al Ghazali, Abu Hamid, Ihya’ Ulumuddin, Beirut; Dar al Fikr, t. th.
    • Departemen Agama RI. 2001. Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; PT Bulan Bintang.
    • Ishak, Sholeh. 1990. Akhlak dan Tasawwuf. Bandung; IAIN Sunan Gunung Jati.
    • Jatmika, Rahmat. 1990. Sistem Etika Islam, Jakarta; Panjimas
    • Nurdin Muslim, 1995. Moral dan Kognisi Islam, Bandung; Alfa beta.
    • Wahyuddin,. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT Gramedia.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran

Langkah- langkah KBM Waktu Mahasiswa
1.kegiatan pendahuluanApersepsi terkait dengan materi

2. kegiatan inti

Dosen menyampaikan materi tentang berakhlak dalam kehidupan modern  berikut contoh.

3.kegiatan penutup

a. mengkaji ulang materi yang telah disampaikan dosen

b.memberi pesan moral kepada mahasiswa untuk berakhlak mulia

c. memberi tugas mahasiswa untuk mengklasifikasi akhlak  mahmudah dan akhlak madzmumah serta memberikan solusinya.

10 menit50 menit

15 menit

Berpikir dan menyampaikan pendapatMendengarkan,bertanya,saling menanggapi pendapat temannya dan menunjukkan sikap dan perilaku (akhlak) Islami

  1. Menyampaikan simpulan materi yang telah dipahami
  1. Menerapkan perilaku (akhlak)   Islami dalam kehidupan
  1. Mengerjakan tugas dirumah (membaca weblog pembelajaran PAI)

 

Penilaian :

  1. Penilaian tertulis (kognitif) :

Jelaskan konsep etika, moral dan akhlak beserta contohnya!

b. Unjuk kinerja (psikomotorik):

Mengklasifikasi akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah.

c. Penilaian sikap dan perilaku (afektif):

Berakhlak yang islami, dan bertanggung jawab.

Referensi  :

  • Al Qur’an dan Terjemahnya
    • Al Ghazali, Abu Hamid, Ihya’ Ulumuddin, Beirut; Dar al Fikr, t. th.
    • Departemen Agama RI. 2001. Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; PT Bulan Bintang.
    • Ishak, Sholeh. 1990. Akhlak dan Tasawwuf. Bandung; IAIN Sunan Gunung Jati.
    • Jatmika, Rahmat. 1990. Sistem Etika Islam, Jakarta; Panjimas
    • Nurdin Muslim, 1995. Moral dan Kognisi Islam, Bandung; Alfa beta.
    • Wahyuddin,. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT Gramedia.

Jombang,  Maret  2012

Ketua Jurusan/Prodi                                                    Dosen Pengampu

Satuan Acara Perkuliahan (SAP)

 

Program Studi                     :    Pendidikan Bahasa Inggris

Mata Kuliah/Semester           :    Pendidikan Agama Islam/II

Kode Mata Kuliah/SKS       :    51301/ 2

Pertemuan                            :    Ke – 8

Alokasi Waktu                     :    75 Menit

Deskripsi Mata Kuliah        :    Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta kebudayaan dalam agama (Islam).

Standar Kompetensi              :    Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa sebagai upaya peningkatan iman, takwa dan akhlak mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.

  1. 1.      Kompetensi Dasar        :   Mengidentifikasi strategi membangun kerukunan

umat  beragama.

  1. 2.      Indikator                      :
    1. Mahasiswa dapat menjelaskan Agama Islam adalah Agama Rahmatan lil’Alamin.
    2. Mahasiswa dapat membedakan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah.
    3. Mahasiswa dapat memutuskan  bahwa ukhuwah sangat penting dalam rangka mewujudkan kerukunan.
    4. Mahasiswa dapat merangkum landasan hukum (Alqur’an dan Undang-Undang Dasar) dalam membina kerukunan antar dan intern umat beragama di Indonesia.
    5. Mahasiswa dapat mencontohkan sikap  dalam rangka menjaga kerukunan intern dan antar umat beragama.
  1. 3.      Tujuan Pembelajaran  :    
  2. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan agama Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin.
  3. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat membedakan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah Insaniyah.
  4. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat memutuskan bahwa ukhuwah sangat penting untuk mewujudkan kerukunan.
  5. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat merangkum landasan hukum (Al-qur’an dan UUD) dalam membina kerukunan intern dan antar umat beragama.
  6. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat mencontohkan sikap  dalam rangka menjaga kerukunan intern dan antar umat beragama.
  1. 4.      Substansi Kajian (Materi Pembelajaran)

JUDUL MATERI  :  Kerukunan Intern dan  Antar Umat Beragama

Poin-poin materi

  1. Islam Agama Rahmat bagi Seluruh Alam
  2. Konsep Persaudaraan (Ukhuwah) dalam agama Islam
  3. Kerukunan dan kebersamaan dalam pluralitas agama.
  4. 5.      Langkah Pembelajaran
  5. Model pembelajaran    : Pembelajaran Berdasarkan Masalah
  6. Metode pembelajaran  : Tanya jawab,diskusi dan analisis kasus
  7. Sumber belajar dan media: Buku referensi, Internet dan LCD

 

Referensi :

  • Daud Ali, Mohammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarata, Rajawalu pers.
  • Departemen Agama RI, 2001. Buku teks Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi umum, Jakarta, Direktorat Jendral kelembagaan agama Islam.
  • ———-, 1980. Pedoman Dasar Kerukunan Hidup Beragama Jakarta.
  • Hafifudin, 2003. D. Islam Aplikatif, Jakarta, Gema Insani Perss.
  • Imarah, Muhammad, 1999. Islam dan Pluralitas, Jakarta, Gema Insani.
  • Wahyuddin, Ahmad, dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
  1. 6.      Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah KBM

Waktu

Mahasiswa

1. Kegiatan pendahuluan. apersepsi, orientasi   terhadap materi (fase 1) 5 menit  Termotivasi untuk menelaah materi
2.   Kegiatan Inti

  1. Membantu mahasiswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan materi kerukunan intern dan antar umat beragama (fase 2)
  2. Mendorong mahasiswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah terkait dengan strategi membangun kerukunan umat beragama (fase 3)
  3. Membantu mahasiswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, dan model yang membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya (fase 4)
10 menit

40 menit

10 menit

  1. Secara berkelompok memahami, membaca dan menelaah kasus yang berhubungan dengan materi.
  2. Secara berkelompok mahasiswa berdiskusi menganasis masalah atau kasus terkait strategi membangun kerukunan umat beragama
  1. c. Mahasiswa menyiapkan dan mengumpulkan hasil diskusi untuk kemudian dipresentasikan

3. kegiatan penutupMembantu mahasiswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan (fase 5)

 

10 menit
  1. Mereview dan menyimpulkan materi
  2. Mengingatkan mahasiswa untuk membaca webblog pembelajaran PAI

7. Penilaian :

  1. Penilaian tertulis (kognitif)

1)   Uraikan dengan singkat konsep ukhuwah dalam agama Islam !

2)   Sebagai muslim apa yang dilakukan dalam rangka mengembangkan kerukunan intern umat beragama, jelaskan !

3)   Bagaimana strategi membina kerukunan beragama !

4)   Bagaimana pendapat saudara tentang kasus kekerasan atas nama agama !

  1. Unjuk kerja/kinerja/performance (psikomotorik) : menjelaskan dan mendemonstrasikan landasan hukum dalam membina kerukunan umat beragama di indonesia.
  2. Penilaian sikap (afektif/perilaku berkarakter). Jujur, sopan dan tanggung jawab

Referensi

  • Daud Ali, Mohammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarata, Rajawalu pers.
  • Departemen Agama RI, 2001. Buku teks Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi umum, Jakarta, Direktorat Jendral kelembagaan agama Islam.
  • ———-, 1980. Pedoman Dasar Kerukunan Hidup Beragama Jakarta.
  • Hafifudin, 2003. D. Islam Aplikatif, Jakarta, Gema Insani Perss.
  • Imarah, Muhammad, 1999. Islam dan Pluralitas, Jakarta, Gema Insani.
  • Wahyuddin. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT.Gramedia Widiasarana Indonesia

 

Jombang,  Maret  2012

Ketua Jurusan / Prodi                                      Dosen Pengampu

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Program Studi                         :   Pendidikan Bahasa Inggris

Mata Kuliah/ Semester           :   Pendidikan Agama Islam / II

Kode Mata Kuliah/SKS          :   51301/2

Pertemuan                               :   ke – 9

Alokasi Waktu                        :   75  menit

Deskripsi Mata Kuliah        :    Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta  kebudayaan dalam agama (Islam).

Standar Kompetensi          :      Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa   sebagai upaya peningkatan iman,takwa dan akhlak mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.

1. Kompetensi  Dasar      :    Menjelaskan konsep Islam dalam pengembangan Iptek dan seni.

2. Indikator                  :

a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep Ipteks dalam Islam (Kognitif)

b. Mahasiswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek iman, ilmu dan amal.

c.  Mahasiswa dapat mendeskripsikan khazanah kemajuan Iptek dalam sejarah

peradaban Islam (Kognitif)

d. Mahasiswa dapat menafsirkan dalil-dalil keutamaan orang yang berilmu.

e. Mahasiswa dapat  bersikap dan perilaku Islami dalam menghadapi

kemajuan Iptek (Afektif/perilaku berkarakter)

3. Tujuan Pembelajaran (Audien, Behavior , Condition, Degree)

  1. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan konsep ipteks dalam Islam.
  2. Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi aspek iman, ilmu

dan amal.

  1. Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat mendeskripsikan khazanah

kemajuan Iptek dalam sejarah peradaban Islam.

  1. Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat menafsirkan dalil-dalil keutamaan orang yang berilmu.
  2. Setelah pembelajaran, mahasiswa dapat bersikap dan perilaku

Islami dalam menghadapi kemajuan Iptek.

4. Substansi Kajian (Materi Pembelajaran)

JUDUL MATERI  :  Ilmu pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam Islam.

Poin-poin Materi :

a. Konsep Iptek dalam Islam.

b. Integrasi iman, ilmu dan amal.

c. Keutamaan orang yang berilmu

d. Tanggung jawab Ilmuwan terhadap lingkungannya.

5. Langkah Pembelajaran

a. Metode Pembelajaran          : Diskusi, tanya jawab, studi kasus, problem solving

b. Sumber Belajar/Media        : Buku Referensi, internet (webblog) dan LCD

Buku Referensi  :

  • Al Faruqi, Ismail R,  2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah peradaban, Bandung; Cet. III Gemilang Mizan.
  • Daim, Abdullah. 1984. Tarbiyah ‘Abdru Tarikh, Min Ushuri Qadimah hatta Qarnu Isyrin. Beirut; Darul ‘Ilmi lil Mu’allim. Cet. Ke 5.
  • Daud, Ali Muhammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarta; PT Rajawali Grafindo Persada.
  • Departemen Agama RI, 2001. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam, Jakarta.
  • Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta; Bulan Bintang.
  • Shihab, M, Quraish. 1996. Mermbumikan Al-Qur’an. Bandung; Cetakan ke 12. Mizan.
  • Wahyuddin. dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

6. Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah KBM

Waktu

Siswa

 

1. Kegiatan PendahuluanApersepsi terkait dengan  materi

 

10  Menit Berpikir dan menyampaikan pendapat
2. Kegiatan Intia.  Mengajak mahasiswa untuk membaca dan menyimak dalil yang berkaitan dengan materi

b.  Mendiskusikan materi tentang Islam dan pengembangan Iptek, sejarah kemajuan Iptek, dan arah pengembangan Iptek dalam Islam.  (Kognitif)

3. Kegiatan Penutup

Bersama-sama mahasiswa menyimpulakan hasil diskusi dan tanya jawab

 

10 menit45  menit

10 menit

Secara kolektif dan individu membaca dan menyimakBertanya, saling menanggapi pendapat temannya dan menunjukkan sikap dan perilaku berkarakter.

  1. Menyimpulkan dan mencatat hasil diskusi dan tanya jawab.

b. Menugaskan kepada mahasiswa untuk membaca webblog pembelajaran PAI dan mengerjakan tugas yang ada dalam LKM

 

 7. Penilaian :

a. Penilaian Tertulis (Kognitif) :

1. Sebutkan dan Jelaskan sumber Iptek dalam Islam!

2. Sebutkan contoh perkembangan Iptek pada masa kejayaan peradaban Islam!

3. Jelaskan pola integrasi iptek dengan keimanan dan ketaqwaan?

4. Sebutkan perbedaan arah pengembangan Iptek di dunia Islam dan di

Barat?

b. Unjuk Kerja/Kinerja/Performance (Psikomotorik) :

Mengidentifikasi dalil/ayat al-Quran yang berkaitan dengan pengembangan Iptek.

c.  Penilaian Sikap (Afektif/Perilaku berkarakter)

Menunjukkan perilaku sesuai Islam dalam penggunaan hasil kemajuan

Iptek.

Referensi  :

  • Al Qur’an dan Terjemahnya
  • Al Faruqi, Ismail R,  2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah peradaban, Bandung; Cet. III Gemilang Mizan.
  • Daim, Abdullah. 1984. Tarbiyah ‘Abdru Tarikh, Min Ushuri Qadimah hatta Qarnu Isyrin. Beirut; Darul ‘Ilmi lil Mu’allim. Cet. Ke 5.
  • Daud, Ali Muhammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarta; PT Rajawali Grafindo Persada.
  • Departemen Agama RI, 2001. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam, Jakarta.
  • Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta; Bulan Bintang.
  • Shihab, M, Quraish. 1996. Mermbumikan Al-Qur’an. Bandung; Cetakan ke 12. Mizan.
    • Wahyuddin, dkk. 2009. Pendidikan Agama Untuk Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Jombang,   Maret  2012

Ketua Jurusan/Prodi                                                    Dosen Pengampu

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Program Studi                    :  Pendidikan Bahasa Inggris

Mata Kuliah/Semester      :   Pendidikan Agama Islam/ II

Kode Mata Kuliah/SKS    :   51301/2

Pertemuan/Semester           :   ke-10

Alokasi Waktu                  :   75 menit

Deskripsi Mata Kuliah       :    Mata kuliah ini mengkaji tentang fungsi agama bagi kehidupan manusia, sumber ajaran agama Islam, pentingnya akhlak dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, strategi membangun kerukunan antar umat beragama serta  kebudayaan dalam  agama (Islam).

Standar Kompetensi    :  Membangun komitmen keberagamaan mahasiswa sebagai upaya peningkatan iman,takwa dan akhlak mulia serta bersikap toleran dan berpandangan luas.

  1. A.  Kompetensi Dasar      :    Menjelaskan Konsep  kebudayaan dalam Islam.
  2. B.  Indikator  :
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep kebudayaan Islam.
  4. Mahasiswa dapat menceritakan Sejarah Intelektual Islam.
  5. Mahasiswa dapat menunjukkan perilaku berbudaya yang islami.(afektif)
  6. Mahasiswa dapat memilih dan memilah budaya yang islami dan budaya yang tidak islami. (psikomotorik)
  1. C.   Tujuan pembelajaran
  2. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menjelaskan konsep budaya islam.
  3. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menceritakan sejarah intelektual Islam.
  4. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat menunjukkan perilaku berbudaya yang islami.
  5. Setelah pembelajaran mahasiswa dapat memilih dan memilah budaya yang islami dan yang tidak islami.

D.   Materi pembelajaran

Judul Materi  :  Kebudayaan dalam Islam

Poin-poin materi :

  1.  Konsep kebudayaan dalam Islam
  2.  Sejarah intelektual Islam
  3.  Masjid sebagai pusat kebudayaan Islam
  4.  Nilai-nilai Islam dalam budaya Indonesia

E.   Langkah pembelajaran

1. Pendekatan/Model/Metode : Tanya jawab, studi kasus, dan problem

solving

2. Sumber belajar/media: buku referensi, Internet (weblog) dan LCD

Buku Referensi  :

  • Al Faruqy, ismail R, 2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang, Bandung; Mizan
  • Asyari, Musa, 1992. Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an. Yogyakarta; LESFI
  • Ghazalba, Sidi, 1998. Pengantar Kebudayaan Sebagai Ilmu, Jakarta; Pustaka Antara
  • Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta; Bulan Bintang
  • Wahyuddin. dkk.  2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

                

F.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Langkah- langkah KBM Waktu Mahasiswa
1. kegiatan pendahuluanApersepsi terkait dengan materi

2. kegiatan inti

Dosen menyampaikan materi tentang islam dan kebudayaan, karakteristik budaya islami berikut contoh.

3.kegiatan penutup

a. mengkaji ulang materi yang telah disampaikan dosen

b.memberi pesan moral kepada mahasiswa untuk menjadi pemeluk agama yang benar

c. memberi tugas mahasiswa untuk mengindentifikasi budaya non islami dan memberikan solusi islamisasinya

10 menit55 menit

10 menit

Berpikir dan menyampaikan pendapatMendengarkan,bertanya,saling menanggapi pendapat temannya dan menunjukkan sikap dan perilaku budaya yang islami

  1. Menyampaikan simpulan materi yang telah dipahami
  1. Mewujudkan perilaku budaya yang islami
  1. Mengerjakan tugas di rumah, yaitu membaca weblog dan mengerjakan tugas yang ada dalam LKM.

G.  Penilaian :

  1. Penilaian tertulis (kognitif) :

jelaskan konsep budaya islami beserta contohnya!

2.   Unjuk kinerja (psikomotorik):

mengidentifikasi budaya non islami dan islami !

3.   Penilaian sikap dan perilaku (afektif):

Cara bepakaian yang islami, sikap santun dan bertanggung jawab.

Referensi  :

  • Al Faruqy, ismail R, 2001. Atlas Budaya Islam, Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang, Bandung; Mizan
  • Asyari, Musa, 1992. Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an. Yogyakarta; LESFI
  • Ghazalba, Sidi, 1998. Pengantar Kebudayaan Sebagai Ilmu, Jakarta; Pustaka Antara
  • Nasution, Harun, 1986. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta; Bulan Bintang
  • Wahyuddin. dkk.  2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

 

Jombang, Maret 2012

Ketua Jurusan / Prodi                                                              Dosen Pengampu,

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.